KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMA/MA
Program IPA
1.
MATEMATIKA
SMA/MA (PROGRAM IPA)
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Menggunakan logika matematika
dalam pemecahan masalah
|
Menentukan penarikan kesimpulan
dari beberapa premis.
|
Menentukan ingkaran atau
kesetaraan dari pernyataan majemuk atau pernyataan berkuantor.
|
||
2.
|
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan aturan pangkat, akar dan logaritma, fungsi aljabar
sederhana, fungsi kuadrat, fungsi eksponen dan grafiknya, fungsi komposisi
dan fungsi invers, sistem persamaan linear, persamaan dan pertidaksamaan
kuadrat, persamaan lingkaran dan garis singgungnya,suku banyak,
algoritma sisa dan teorema pembagian, program linear, matriks dan determinan,
vektor, transformasi geometri dan komposisinya, barisan dan deret, serta
mampu menggunakannya dalam pemecahan masalah.
|
Menggunakan aturan pangkat, akar,
dan logaritma.
|
Menggunakan rumus jumlah dan hasil
kali akar-akar persamaan kuadrat.
|
||
Menyelesaikan masalah persamaan
atau fungsi kuadrat dengan menggunakan diskriminan.
|
||
Menyelesaikan masalah sehari-hari
yang berkaitan dengan sistem persamaan linear.
|
||
Menentukan persamaan lingkaran
atau garis singgung lingkaran.
|
||
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan teorema sisa atau teorema faktor.
|
||
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan komposisi dua fungsi atau fungsi invers.
|
||
Menyelesaikan masalah program
linear.
|
||
Menyelesaikan operasi matriks.
|
||
Menyelesaikan operasi aljabar
beberapa vektor dengan syarat tertentu.
|
||
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan besar sudut atau nilai perbandingan trigonometri sudut
antara dua vektor.
|
||
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan panjang proyeksi atau vektor proyeksi.
|
||
Menentukan bayangan titik atau
kurva karena dua transformasi atau lebih.
|
||
Menentukan penyelesaian pertidaksamaan
eksponen atau logaritma.
|
||
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan fungsi eksponen atau fungsi logaritma.
|
||
Menyelesaikan masalah deret
aritmetika.
|
||
Menyelesaikan masalah deret
geometri.
|
||
3.
|
Menentukan kedudukan, jarak dan
besar sudut yang melibatkan titik, garis, dan bidang dalam ruang.
|
Menghitung jarak dan sudut antara
dua objek (titik, garis dan bidang) di ruang dimensi tiga.
|
4.
|
Menggunakan perbandingan, fungsi,
persamaan, identitas dan rumus trigonometri dalam pemecahan masalah.
|
Menyelesaikan masalah geometri
dengan menggunakan aturan sinus atau kosinus.
|
Menyelesaikan persamaan
trigonometri.
|
||
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan nilai perbandingan trigonometri yang menggunakan rumus
jumlah dan selisih sinus, kosinus dan tangen serta jumlah dan selisih dua
sudut.
|
||
5.
|
Memahami konsep limit, turunan dan
integral dari fungsi aljabar dan fungsi trigonometri, serta mampu
menerapkannya dalam pemecahan masalah.
|
Menghitung nilai limit fungsi
aljabar dan fungsi trigonometri.
|
Menyelesaikan soal aplikasi
turunan fungsi.
|
||
Menentukan integral tak
tentu dan integral tentu fungsi aljabar dan fungsi trigonometri.
|
||
Menghitung luas daerah dan volume
benda putar dengan menggunakan integral.
|
||
6.
|
Mengolah, menyajikan dan
menafsirkan data, serta mampu memahami kaidah pencacahan, permutasi,
kombinasi, peluang kejadian dan mampu menerapkannya dalam pemecahan masalah.
|
Menghitung ukuran pemusatan atau
ukuran letak dari data dalam bentuk tabel, diagram atau grafik.
|
Menyelesaikan masalah sehari-hari
dengan menggunakan kaidah pencacahan, permutasi atau kombinasi.
|
||
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan peluang suatu kejadian.
|
1.
FISIKA
SMA/MA (PROGRAM IPA)
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Memahami prinsip-prinsip
mengukuran besaran fisika secara langsung dan tidak langsung dengan cermat,
teliti dan objektif.
|
Membaca hasil pengukuran suatu
alat ukur dan menentukan hasil pengukuran dengan memperhatikan aturan angka
penting.
|
Menentukan resultan vektor dengan
berbagai cara.
|
||
2.
|
Memahami gejala alam dan
keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik, benda tegar, usaha,
kekekalan energi, elastisitas, impuls, momentum dan masalah Fluida.
|
Menentukan besaran-besaran fisis
gerak lurus, gerak melingkar beraturan, atau gerak parabola
|
Menentukan berbagai besaran dalam
hukum Newton dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
Menentukan besaran-besaran fisis
dinamika rotasi (torsi, momentum sudut, momen inersia, atau titik berat) dan
penerapannya berdasarkan hukum II Newton dalam masalah benda tegar.
|
||
Menentukan hubungan usaha dengan
perubahan energi dalam kehidupan sehari-hari atau menentukan besaran-besaran
yang terkait.
|
||
Menjelaskan pengaruh gaya pada
sifat elastisitas bahan atau menentukan besaran-besaran terkait pada konsep
elastisitas.
|
||
Menentukan besaran-besaran fisis
yang terkait dengan hukum kekekalan energi mekanik.
|
||
Menentukan besaran-besaran fisis
yang terkait dengan tumbukan, impuls atau hukum kekekalan momentum.
|
||
Menjelaskan hukum-hukum yang
berhubungan dengan fluida statik atau fluida dinamik dan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari.
|
||
3.
|
Memahami konsep kalor dan prinsip
konservasi kalor, serta sifat gas ideal, dan perubahannya yang menyangkut
hukum termodinamika dalam penerapannya pada mesin kalor.
|
Menentukan pengaruh kalor terhadap
suatu zat, perpindahan kalor atau asas Black dalam pemecahan masalah.
|
Menjelaskan persamaan umum gas
ideal pada berbagai proses termodinamika dan penerapannya.
|
||
Menentukan besaran fisis yang
berkaitan dengan proses termodinamika pada mesin kalor.
|
||
4.
|
Menganalisis konsep dan prinsip
gelombang, optik dan bunyi dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk
teknologi.
|
Menentukan ciri-ciri dan besaran
fisis pada gelombang.
|
Menjelaskan berbagai jenis
gelombang elektromagnet serta manfaat atau bahayanya dalam kehidupan
sehari-hari.
|
||
Menentukan besaran-besaran fisis yang
terkait dengan pengamatan pada mikroskop atau teropong.
|
||
Menentukan besaran-besaran fisis
pada peristiwa interferensi dan difraksi.
|
||
Menentukan besaran-besaran fisis
yang berkaitan dengan peristiwa efek Doppler.
|
||
Menentukan intensitas atau taraf
intensitas bunyi pada berbagai kondisi yang berbeda.
|
||
5.
|
Memahami konsep dan prinsip
kelistrikan dan kemagnetan dan penerapannya dalam berbagai penyelesaian
masalah.
|
Menentukan besaran-besaran fisis
yang mempengaruhi medan listrik dan hukum Coulomb.
|
Menentukan besaran fisis fluks,
potensial listrik, atau energi potensial listrik, serta penerapannya pada
kapasitas keping sejajar atau pada rangkaian kapasitor.
|
||
Menentukan besaran-besaran listrik
pada suatu rangkaian berdasarkan hukum Kirchhoff.
|
||
Menentukan induksi magnetik di
sekitar kawat berarus listrik.
|
||
Menentukan arah dan besar gaya
magnetik (gayaLorentz) pada kawat berarus listrik atau muatan
listrik yang bergerak dalam medan
magnet homogen.
|
||
Menjelaskan faktor-faktor yang
mempengaruhi GGLinduksi atau prinsip kerja transformator.
|
||
Menentukan besaran-besaran fisis
pada rangkaian arus bolak-balik yang mengandung resistor, induktor, dan
kapasitor.
|
||
6.
|
Memahami konsep dan prinsip
kuantum, relativitas, fisika inti dan radioaktivitas dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Menjelaskan berbagai teori atom.
|
Menjelaskan besaran-besaran fisis
terkait dengan peristiwa efek foto listrik/efek Compton.
|
||
Menentukan besaran-besaran fisis
terkait dengan teori relativitas.
|
||
Menentukan besaran-besaran fisis pada
reaksi inti atom.
|
||
Menjelaskan macam-macam zat
radioaktif atau pemanfaatannya
|
||
3.
KIMIA SMA/MA
(PROGRAM IPA)
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Mendeskripsikan struktur atom,
sistim periodik unsur dan ikatan kimia untuk mendeskripsikan struktur
molekul, sifat-sifat unsur dan senyawa.
|
Menentukan notasi unsur dan
kaitannya dengan struktur atom, konfigurasi elektron, jenis ikatan kimia,
rumus molekul, bentuk molekul dan sifat senyawa yang dapat dihasilkannya,
serta letak unsur dalam tabel periodik.
|
Mendeskripsikan jenis ikatan kimia
atau gaya antarmolekul dan sifat-sifatnya.
|
||
2.
|
Menerapkan hukum-hukum dasar kimia
untuk memecahkan masalah dalam perhitungan kimia.
|
Menyelesaikan perhitungan kimia
yang berkaitan dengan hukum dasar kimia.
|
Menjelaskan persamaan suatu reaksi
kimia .
|
||
3.
|
Mendeskripsikan sifat-sifat
larutan, metode pengukuran dan terapannya.
|
Mendeskripsikan daya hantar
listrik.
|
Mendeskripsikan konsep pH larutan.
|
||
Menjelaskan titrasi asam basa
|
||
Mendeskripsikan sifat larutan
penyangga.
|
||
Mendeskripsikan hidrolisis garam
dan Ksp.
|
||
Mendeskripsikan sifat-sifat
koligatif larutan.
|
||
Mendeskripsikan sistem dan sifat
koloid serta penerapannya.
|
||
4.
|
Mendeskripsikan senyawa organik
dan makro melekul
|
Mendeskripsikan struktur senyawa
Benzene dan turunannya, serta kegunaannya.
|
Mendeskripsikan senyawa karbon
termasuk identifikasi, reaksi dan kegunaannya.
|
||
Mendeskripsikan makromolekul
(Karbohidrat, Protein, Polimer) dan kegunaannya
|
||
5.
|
Mendeskripsikan perubahan energi, cara
pengukuran dan penerapannya.
|
Menseskripsikan reaksi
eksoterm dan reaksi endoterm.
|
Menentukan kalor reaksi.
|
||
6.
|
Mendeskripsikan kinetika reaksi,
kesetimbangan kimia, dan faktor- faktor yang memengaruhinya, serta
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dan industri.
|
Menentukan laju reaksi.
|
Mendeskripsikan faktor-faktor yang
dapat memengaruhi kinetika suatu reaksi dan kesetimbangannya
|
||
Menentukan Kc/Kp.
|
||
7.
|
Mendeskripsikan reaksi oksidasi-
reduksi dan elektrokimia serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
Mendeskripsikan reaksi reduksi dan
reaksi oksidasi.
|
Mendeskripsikan diagram sel.
|
||
Mengaplikasikan hukum faraday.
|
||
Mendeskripsikan fenomena korosi
dan pencegahannya
|
||
8.
|
Mendeskripsikan unsur-unsur
penting, terdapatnya di alam, pembuatan dan kegunaannya.
|
Mendeskripsikan unsur-unsur
penting yang ada di alam termasuk unsur radioaktif.
|
Mendeskripsikan cara memperoleh
unsur-unsur penting dan kegunaannya.
|
3.
BIOLOGI SMA/MA (PROGRAM IPA)
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Memahami hakikat biologi sebagai
ilmu dan mendeskripsikan objek permasalahan biologi melalui metode ilmiah.
|
Menjelaskan objek dan permasalahan
Biologi.
|
2.
|
Menjelaskan ciri-ciri makhluk
hidup dan klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati bagi kehidupan dan
upaya pelestariannya.
|
Menjelaskan peran Virus,
Archaebacteria danEubacteria bagi kehidupan manusia.
|
Mengidentifikasi ciri-ciri/peran
kelompok jamur dan protista (jamur, protista, protozoa, alga).
|
||
Menentukan dasar pengelompokan
mahluk hidup.
|
||
Menjelaskan upaya pelestarian
sumber daya alam tertentu.
|
||
Mengidentifikasi ciri-ciri
kelompok tumbuhan.
|
||
Mengidentifikasi cara
perkembangbiakan hewan invertebrata.
|
||
Mengidentifikasi ciri-ciri
kelompok hewan vertebrata.
|
||
3.
|
Menganalisis hubungan antara
komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peran manusia dalam
keseimbangan ekosistem.
|
Menganalisis hubungan
antarkomponen dan aliran energi dalam suatu ekosistem.
|
Menjelaskan proses yang terjadi
pada daur biogeokimia.
|
||
Menjelaskan keterkaitan antara
kegiatan manusia dengan masalah perubahan/pencemaran lingkungan .
|
||
4.
|
Menjelaskan struktur dan fungsi
sel serta mengaitkannya dengan struktur dan fungsi jaringan.
|
Menjelaskan struktur sel dan
komponen kimiawinya, serta proses yang terjadi pada sel.
|
Menjelaskan fungsi organel sel
pada tumbuhan dan hewan.
|
||
Menjelaskan sifat,ciri-ciri dan
fungsi jaringan pada tumbuhan dan hewan.
|
||
5.
|
Menjelaskan struktur dan fungsi
sistem organ manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi pada organ
tersebut.
|
Menjelaskan mekanisme gerak
otot/sendi/penyakit pada sistem gerak pada manusia.
|
Menjelaskan sistem peredaran darah
pada manusia dan gangguannya.
|
||
Menjelaskan sistem pencernaan
makanan pada manusia dan gangguannya.
|
||
Menjelaskan sistem pernapasan pada
manusia dan gangguannya.
|
||
Menjelaskan sistem ekskresi pada
manusia dan gangguannya.
|
||
Menjelaskan sistem regulasi
(saraf, endokrin dan pengindraan) pada manusia.
|
||
Menjelaskan sistem reproduksi
manusia dan proses pembentukan sel kelamin.
|
||
Menjelaskan mekanisme pertahanan
tubuh
|
||
6.
|
Menjelaskan faktor-faktor yang
mempengaruhi proses pertumbuhandan perkembangan yang terjadi pada tumbuhan
melalui hasil percobaan atau pengamatan.
|
Menginterpretasi hasil percobaan
pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.
|
7.
|
Mendeskripsikan proses metabolisme
karbohidrat dan kemosintesis.
|
Menjelaskan ciri-ciri dan cara
kerja dari faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kerja enzim.
|
Menjelaskan proses katabolisme
karbohidrat.
|
||
Menjelaskan zat yang
dikeluarkan/dihasilkan pada proses respirasi aerob.
|
||
Menjelaskan tahapan proses
anabolisme (fotosintesis)pada tumbuhan.
|
||
Menjelaskan proses
kemosintesis/respirasi anaerob.
|
||
8.
|
Memahami konsep dasar hereditas,
reproduksi sel, penerapan prinsip- prinsip hereditas dan peristiwa mutasi.
|
Menjelaskan susunan
nukleotida DNA, RNA, atau kromosom.
|
Menjelaskan proses sintesis
protein.
|
||
Mengidentifikasi tahap-tahap
pembelahan mitosis/meiosis/gametogenesis.
|
||
Menginterpretasikan persilangan
berdasarkan hukumMendel.
|
||
Menginterpretasi persilangan pada
penyimpangan semu hukum Mendel.
|
||
Mengidentifikasi pewarisan
cacat/penyakit menurun pada manusia.
|
||
Menjelaskan peristiwa
mutasi.
|
||
9.
|
Menjelaskan teori evolusi dan
implikasi pada perkembangan sains.
|
Menjelaskan teori asal-usul
kehidupan dan pembuktiannya.
|
Menjelaskan prinsip-prinsip
penting pada evolusi.
|
||
10.
|
Menjelaskan prinsip-prinsip dan
aplikasi bioteknologi
|
Menjelaskan prinsip dasar
bioteknologi.
|
Menjelaskan contoh aplikasi
bioteknologi konvensional/ modern.
|
||
Menjelaskan dampak aplikasi
bioteknologi bagi masyarakat dan lingkungan.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar